Jumat, 16 Desember 2011

Pengenalan Packet Tracer

Tampilan Packet Tracer

Selamat datang di blog kami. Pada postingan pertama, kami akan membahas mengenai Packet Tracer. Sebuah tools yang sering digunakan untuk melakukan simulasi jaringan. Bagi anda yang sudah pernah mengikuti pelatihan Cisco, tentunya software simulator ini sudah tidak asing lagi.

Packet Tracer adalah produk simulasi buatan Cisco System, vendor peralatan jaringan yang terkenal di dunia. Packet Tracer biasa digunakan untuk pelatihan dan pendidikan mengenai konfigurasi dan routing jaringan. Packet tracer dibuat oleh Cisco System untuk pembelajaran di Cisco System Academy. Namun disebarluaskan secara bebas untuk digunakan oleh umum.

Pada Packet Tracer, disediakan beberapa algoritma routing dasar seperti RIP,OSPF dan EIGRP. Algoritma ini merupakan kurikulum standar yang dipelajari di CCNA (Cisco Certified Network Associate). Pada Packet Tracer, digunakan Cisco IOS untuk menyediakan konfigurasi yang sama dengan router yang sebenarnya, meskipun tidak lengkap.

Dengan Packet Tracer, lebih mudah bagi anda untuk mempelajari bagaimana melakukan konfigurasi jaringan. Sebelum anda melakukan konfigurasi langsung pada router asli, sebaiknya anda belajar dan berlatih  terlebih dahulu menggunakan Packet Tracer.

Software Packet Tracer bisa anda download secara gratis disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar