Sabtu, 17 Desember 2011

Pengenalan Cisco IOS CLI (Command Line Interface)



Pada postingan sebelumnya, sudah dijelaskan mengenai Cisco IOS. Pada Cisco IOS, dikenal CLI (Command Line Interface), yang merupakan tempat kita melakukan konfigurasi router.

Cisco IOS CLI mempunyai tiga mode command, setiap mode mempunyai hak akses berbeda alam konfigurasi router. Tida mode tersebut adalah :

  • User Mode - Ini adalah mode pertama kali yang akan diakses setelah user masuk kedalam IOS. User mode bisa didentifikasi dengan tanda > setelah nama router. Mode ini hanya mengijinkan user melakukan command dasar seperti melihat status system, dan melihat hasil konfigurasi. Kita tiak bisa melakukan konfigurasi pada mode ini.
  • Privileged Mode - Mode ini mengijinkan user untuk melihat konfigurasi sistem, merestart sistem, dan memasuki mode konfigurasi. Priviliged mode bisa diidentifikasi dengan tanda # setelah nama router. Pada mode ini, user diijinkan untuk melakukan apapun kepada router, sehingga dalam penggunaannya harus berhati-hati. Untuk masuk ke dalam Priviliged Mode, kita harus memasukkan perintah enable pada user mode.
  • Configuration Mode - Mode ini mengijinkan user untuk merubah konfigurasi sistem router. Untuk memasuki Configuration Mode, kita masukkan perintah configure terminal pada Privileged Mode. Configuration Mode memiliki beberapa submode, seperti global configuration mode yang diidentifikasi dengan tanda (config)# setelah nama router. Submode akan berubah sesuai dengan apa yang akan kita konfigurasi. Sebagai contoh, ketika kita masuh ke dalam interface configuration submode. tanda akan berubah menjadi (config-if)#. Untuk keluar dari Configuration Mode kita bisa memasukkan perintah end atau menekan tombol Ctrl+Z
Apabila kita lupa perintah-perintah yang ada pada CLI, kita bisa melihat bantuan dengan memasukkan perintah ? pada setiap mode. Gambar dibawah ini merupakan hirarki dari CLI (Command Line Interface)
Hirarki CLI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar