Jumat, 16 Desember 2011

Jaringan Komputer

Ilustrasi Jaringan Komputer

Jaringan komputer,atau lebih sering disebut jaringan merupakan kumpulan dari beberapa hardware dan komputer yang saling terhubung satu dengan yang lainnya. Tujuan dari dibuatnya jaringan adalah untuk komunikasi antar komputer serta berbagi data dan informasi.

Jaringan komputer biasanya dibedakan berdasarkan media komunikasi yang digunakan, protokol yang digunakan, skala/ukuran, topologi, serta lingkup organisasi. Berikut ini penjelasan secara singkatnya :

  • Aturan yang mengatur cara pertukaran data dan informasi biasa disebut protokol. Salah satu jenis protokol yang sering digunakan adalah TCP/IP. 
  • Media yang dipakai untuk membangun jaringan komputer dibagi menjadi dua, yaitu media kabel (Wired) dan tanpa kabel (Wireless).
  • Skala/ukuran dari jaringan yang dibuat, secara garis besar dibagi menjadi 2, yaitu LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network).
  • Topologi merupakan model jaringan yang akan diterapkan dalam membuat jaringan. Terbagi menjadi 4, yaitu Topologi Bus, Star, Ring, dan Mesh
Untuk penjelasan lebih detail dari poin-poin diatas akan dijelaskan pada postingan yang akan datang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar